foto1
Kompetitif di Wilayah Sumatera Tahun 2026
foto1
Menjadi Guru Bimbingan Konseling dan Tenaga Bimbingan Konseling di Luar Sekolah
foto1
Program Studi dengan Akreditasi B oleh BAN-PT
foto1
Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2021
foto1
Melayani dengan Hati

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Visi

Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Keguruan dan ilmu bimbingan Konseling yang Kompetitif di Wilayah Sumatera Tahun 2026

 Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bimbingan dan konseling yang berbasis kepada pengembangan kecerdasan intelektual (hard skill) dan kecerdasan emosional (soft skill) untuk memperoleh kecakapan hidup (life skill).
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian di bidang pendidikan dan bimbingan konseling di sekolah dan luar sekolah.
  3. Mengembangkan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) untuk menghasilkan inovasi di bidang bimbingan dan konseling yang dilandasi profesionalisme.
  4. Menyelenggarakan program studi bimbingan dan konseling yang akuntabel, efisien, efektif, transparan dan relevan.
  5. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai lembaga atau instansi terkait (stakeholder) untuk keberlanjutan program studi.   

Tujuan

  1. . Mewujudkan program studi yang kuat untuk mengoptimalkan efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pendidikan untuk menyiapkan lulusan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan kebutuhan stakeholders dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan pengabdian yang berkualitas di bidang bimbingan dan konseling di sekolah dan luar sekolah
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS dan inovasi di bidang bimbingan dan konseling untuk mendukung pembangunan masyarakat madani yang demokratis dan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri dalam mencapai tujuan pembangunan bangsa.
  4. Mencapai keunggulan kompetitif dan komparatif Program Studi Bimbingan dan Konseling melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sesuai dengan azas pengelolaan yang profesional.
  5. Menjadikan Program Studi Bimbingan dan Konseling sebagai program studi yang memiliki tata kelola yang baik, sehat, dan memiliki daya saing tinggi sehingga mampu mengembangkan jejaring kerja sama dalam mengambil bagian dari pembentukan insan Indonesia yang cerdas dan mandiri.

Pimpinan Prodi

 Ketua Prodi

 Ahmad Zaini, M.Pd.

 

  

Sekretaris Prodi

Rahma Wira Nita, M.Pd.Kons.