foto1
Prodi Bimbingan Konseling
foto1
Keakraban MABA 2018
foto1
Visitasi Prodi Bimbingan dan Konseling
foto1
Visitasi Prodi Bimbingan dan Konseling
foto1
Bimbingan dan Konseling

Sistem Informasi

Login Form

STKIP PGRI Sumatera Barat kembali menggelar Pekan Orientasi Mahasiswa Baru yang disebut dengan Silaturahmi Mahasiswa Keguruan (Simak) di halaman kampus STKIP PGRI Sumbar, kemarin (11/9). Kegiatan rutin tiap tahun ini diikuti oleh 1.260 mahasiswa baru STKIP PGRI Sumatera Barat.

 

Dalam sambutannya, Ibu Ketua STKIP PGRI Sumbar Dr. Zusmelia, M.Si menjelaskan, kegiatan Simak ini merupakan ajang tahunan yang digelar guna meningkatkan silahturahmi dan perkenalan antara mahasiswa baru dengan dunia kampus. “Melalui kegiatan ini, diharapkan 1.260 mahasiswa baru bisa mengenal berbagai kegiatan yang ada di kampusnya. Selain itu, dengan kegiatan Simak ini, diharapkan mahasiswa baru tidak lagi canggung dalam mengikuti perkuliahan denga kata lain mahasiswa baru siap dalam mengikuti perkuliahan,” sebut Ibu Dr. Zusmelia, M. Si selaku ketua STKIP PGRI Sumatera Barat.

Selanjutnya pada acara yang sama Wakil ketua II STKIP PGRI Sumatera Barat Bapak Drs. Dasrizal, M.P juga ketua pelaksana kegiatan Simak yang digelar sejak tanggal 10-12 September 2015 mengatakan, untuk tahun ini, jumlah peminat tertinggi di STKIP PGRI adalah Prodi Pendidikan ekonomi, kemudian diikuti oleh 10 Program Studi lainnya. “Tahun ini terjadi penurunan penerimaan dari tahun sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas calon mahasiswa/mahasiswi. Dari 1.699 orang pendaftar, ada sekitar 439 orang yang tidak diterima karena tidak lulus tes,” sebutnya.

Mengenai kualitas, Dasrizal mengatakan, STKIP PGRI Sumbar terus berusaha meningkatkan mutu dosen yang ada di lingkup Kampus. “Saat ini tidak ada lagi dosen kami yang berpendidikan S1, seluruhnya sudah S2 dan sebanyak 26 orang sedang studi lanjut S3. Insyallah 2015 ini akan pulang sekitar 5 orang doktor yang sedang menyelesaikan tugas akhir disertasinya. Begitu pula dengan sarana dan prasarana terus ditingkatkan dan segi status Insya allah kita akan berubah bentuk dari sekolah tinggi menjadi IKIP PGRI Sumatera Barat,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator (Kopertis) Wilayah X, Prof. Ganefri menyebutkan, sebagai calon guru, mahasiswa baru STKIP PGRI Sumbar dituntut untuk bisa meningkatkan kemampuan agar ke depan bisa sukses memajukan dunia pendidikan di Indonesia.“Sebagai calon intelektual, mahasiswa harus bisa mempersiapkan diri sedini mungkin dengan berbagai ilmu pengetahuan. Termasuk juga mempersiapkan mental untuk masuk ke dunia pendidik yang sejatinya merupakan tugas mulia,” sebutnya.

Tidak hanya itu, Genefri juga mengimbau kepada seluruh mahasiswa agar selalu aktif dalam setiap kegiatan kampus dan kegiatan sosial lainnya. “Calon guru harus cakap dalam segala hal, baik itu di lingkungan pendidikan, maupun di lingkungan sosial sehingga tidak kalah bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lainnya, apalagi dalam menghadapi MEA yang akhir 2015 akan masuk ke Indonesia. ,” jelas Ganefri lagi.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan PGRI Padang Sumatera Barat Bapak H. Sofyan Kahar, S.H sangat mengaperesiasi sekali terhadap pekan orientasi mahasiswa baru, yang telah terlaksana di Kampus STKIP PGRI Sumatera Barat. Beliau sangat mendukung apapun kebutuhan kampus, baik dari segi SDM maupun Sarana dan Prasarana demi mewujudkan kampus yang berkualitas . Untuk perubahan bentuk yayasan akan berupaya memenuhi segala kebutuhan tersebut