foto1
Kompetitif di Wilayah Sumatera Tahun 2026
foto1
Menjadi Guru Bimbingan Konseling dan Tenaga Bimbingan Konseling di Luar Sekolah
foto1
Program Studi dengan Akreditasi B oleh BAN-PT
foto1
Melaksanakan dan Mengembangkan Penelitian dan Pengabdian di Bidang Pendidikan dan Bimbingan Konseling
foto1
Melayani dengan Hati

ACARA COACHING PRAKTIK LAPANGAN
BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH (PLBKS) SEMESTER GANJIL 2019-2020

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat di berbagai bidang kehidupan telah meningkatkan tuntutan masyarakat terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM). Masyarakat dengan berbagai komponen yang ada di dalamnya, khususnya komponen dunia pendidikan, menginginkan adanya lulusan lembaga kependidikan yang siap pakai sesuai dengan tuntutan yang sedang berkembang dewasa ini.

Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRi Sumatera Barat merupakan salah satu program studi yang akan melahirkan lulusan dengan profil utama sebagai tenaga BK di sekolah dan luar sekolah. Sebagai seorang guru BK di sekolah tentu perlu memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan dan sikap yang handal dalam bidang Bimbingan dan Konseling. Tuntutan masyarakat tersebut menimbulkan konsekuensi logis bagi dunia pendidikan, yakni perlunya melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, sehingga dapat melahirkan lulusan tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat di masa depan. Untuk menjawab tantangan ini beberapa persiapan telah dilakukan Program Studi BK STKIP PGRI Sumatera Barat, di antaranya merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, menyelenggarakan perkuliahan yang efektif, melengkapi fasilitas yang mendukung proses perkulihan dan lain sebagainya termasuk meningkatkan kualitas dosen di Program Studi.

 

Selain dari upaya yang telah dilakukan tersebut salah satunya upaya untuk mewujudkan tenaga BK di luar sekolah yang profesional mahasiswa harus dibekali dengan pengalaman langsung yang relevan untuk itu perlu adanya kegiatan PLBK Sekolah (PLBK-S) dalam bentuk pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan Bimbingan dan Konseling di Sekolah (PPLBK-S). Sebelum kegiatan PPLBK-S dilaksanakan mahasiswa perlu diberikan pembekalan/Coaching.

Coaching Praktik Lapangan PPLBK-S yang diselenggarakan pada setting sekolah. Coacing yang diberikan pada mahasiswa PLBK-S lebih difokuskan pada pelaksanaan BK yang disesuaikan dengan needassesment di lapangan dan sasaran layanan. Sesuai dengan buku pedoman akademik, kegiatan PLBK-S sudah harus dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun 2019/2020 untuk mahasiswa angkatan 2016. Sebelum mahasiswa dihantarkan ke lapangan terlebih dahulu mahasiswa diberi pembekalan.

Coaching PLBK sekolah (PLBK-S) yang diselenggarakan pada tanggal 19 Juli 2019, merupakan program setiap semester yang diselenggarakan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia pendidikan untuk mengaplikasikan keterampilan yang telah dimiliki selama perkuliahan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik Ibu Sri Imelwaty,M.Pd.P.hD.  Kegiatan Coaching yang dilaksanakan berisikan materi tentang perencanaan, pelaksanaan evaluasi dan tindak lanjut pelayanan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013.  Materi tersebut disajikan oleh Ibu Dr. Helma, M.Pd. Akhir sesi Coaching menuntut mahasiswa menyelesaikan program tentatif yang akan dibawa saat penghantaran ke sekolah latihan oleh tim dosen yang telah ditunjuk.

Pimpinan Prodi

 Ketua Prodi

 Ahmad Zaini, M.Pd.

 

   

Sekretaris Prodi

Rici Kardo, M.Pd.Kons.