foto1
Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling
foto1
Dosen Pendidikan Bimbingan Konseling
foto1
Kerja Sama Universitas Kebangsaan Malasya
foto1
Kebersamaan Keluarga BK
foto1
Kuliah Umum BK

Sistem Informasi

Login Form

 

Profil Lulusan dan Capain Pembelajaran Program Studi Bimbingan dan Konseling

 

No

Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran

 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru Bimbingan dan Konseling

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Mampu mengaplikasikan konsep teori dalam   bidang bimbingan dan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi dan antropologi, sebagai dasar penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling  (BK).

2.       Mampu membuat, melaksanakan dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling berdasarkan hasil assesmen dengan menggunakan berbagai pendekatan dan teori  bimbingan dan konseling .

3.       Terampil dalam menggunakan pendekatan konseling dalam format individual dan kelompok/klasikal pada bidang sosial, belajar dan karir yang berorientasi pada standar kemandirian klien.

4.       Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.

5.       Memliki kesadaran etis dan legal dalam bekerja, membina hubungan antar pribadi, berperan dalam organisasi dan profesi BK serta mengimplemantasikan kolaborasi antar profesi

 

2. Tenaga Bimbingan dan Konseling di Luar Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pelayanan BK di luar sekolah (keluarga, rumah sakit, dunia usaha/ industri, instansi/lembaga pemerintah, perguruan tinggi).

2.     Mampu membuat, melaksanakan dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling di luar sekolah  berdasarkan hasil assesmen dengan menggunakan berbagai pendekatan dan teori  bimbingan dan konseling dalam keluarga,  dunia industri, instansi pemerintah dan rumah sakit serta perguruan tinggi.

3.     Mampu dalammembantu berbagai permasalahan masyarakatdi luar sekolah (keluarga, rumah sakit, dunia usaha/ industri, instansi/lembaga pemerintah, perguruan tinggi) dan  menjalin hubungan dengan individu dalam kelompok yang beragam.

4.     Terampil dalam menggunakan pendekatan konseling dalam format individual dan kelompok/klasikal pada bidang sosial, belajar dan karir yang berorientasi pada standar kemandirian kliendi luar sekolah (keluarga, rumah sakit, dunia usaha/ industri, instansi/lembaga pemerintah, perguruan tinggi) dan  menjalin hubungan dengan individu dalam kelompok yang beragam.