foto1
Prodi Bimbingan Konseling
foto1
Keakraban MABA 2018
foto1
Visitasi Prodi Bimbingan dan Konseling
foto1
Visitasi Prodi Bimbingan dan Konseling
foto1
Bimbingan dan Konseling

Sistem Informasi

Login Form

  Profil Lulusan program Studi

No.

Profil

Deskripsi Profil

1

Guru Bimbingan dan Konseling

Mampu mengaplikasikan konsep teori dalam bidang bimbingan konseling, pendidikan, psikologi, sosiologi, antropologi, sebagai dasar penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling. Mampu membuat, melaksanakan dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling berdasarkan hasil assesmen dengan menggunakan berbagai pendekatan dan teori bimbingan dan konseling. Terampil dalam menggunakan pendekatan konseling dalam format individual dan kelompok/klasikal pada bidang sosial, belajar dan karir yang berorientasi pada standar kemandirian klien. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih alternatif solusi secara mandiri dan kelompok. Memiliki kesadaran etis dan legal dalam bekerja, membina hubungan antar pribadi, berperan dalam organisasi dan profesi BK serta mengimplementasikan kolaborasi antar profesi

2

Tenaga BK di Luar Sekolah

Menguasai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pelayanan BK di luar sekolah (keluarga, rumah sakit, dunia usaha/industry, instansi/lembaga pemerintah, perguruan tinggi). Mampu membuat, melaksanakan dan mengevaluasi program bimbingan dan konseling di luar sekolah berdasarkan hasil assesmen dengan menggunakan berbagai pendekatan dan teori bimbingan  dan konseling dalam keluarga, dunia Industri, instansi pemerintah dan rumah sakit serta perguruan tinggi. Mampu dalam membantu berbagai permasalahan masyarakat luar sekolah (keluarga, rumah sakit, dunia usaha/industry, instansi/lembaga pemerintah, perguruan tinggi) dan menjalin hubungan dengan individu dalam kelompok yang beragam. Terampil menggunakan pendekatan konseling dalam format individual dan kelompok/klasikal pada bidang social, belajar dan karir yang berorientasi pada standar kemandirian klien di luar sekolah (keluarga, rumah sakit, dunia usaha/industry, instansi/lembaga pemerintah, perguruan tinggi) dan menjalin hubungan dengan individu dalam kelompok yang beragam